Alamat: Jl. Jend. Sudirman 65 Sidareja | Kec. Sidareja | Kab. Cilacap | Prov. Jawa Tengah | Telp. (0280) 523265 | E-Mail: biksdit@yahoo.co.id

Member of JSIT-Indonesia

Mencetak Santri Berakhlak Mulia, Mandiri Dan Cerdas

Tuesday, December 13, 2022

Menanamkan entrepreneur sejak dini

Pemerintah saat ini sedang memperkuat proses pembelajaran yang berbasis pada pengalaman belajar. Peserta didik tidak hanya dituntut untuk menghafal materi pelajaran, tetapi pembelajaran yang disampaikanharus lebih bermakna bagi peserta didik. Oleh karena itu, pola-pola pembelajaran tidak lagi identik dengan ruang kelas, namun harus lebih fleksibel, aplikatif, dan menyenangkan. 


Sebagai upaya mendorong agar peserta didik lebih mampu menginternalisasikan materi pelajaran secara aplikatif, Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Kamil SIdareja melakukan program Market Day. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (13/12) itu secara khusus juga ingin menguatkan semangat entrepreneurship kepada peserta didik sejak dini.   

"InsyaAllah, Market Day yang kita gelar hari ini merupakan bentuk implementasi dari SDIT Bina Insan Kamil Sidareja dalam menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang aplikatif. Secara khusus disini, kita ingin agar anak-anak didik kami bisa belajar menjadi seorang entrepreneur sejak dini, mulai dari belajar tata kelola penjualan, komunikasi, dan team work," Ujar Agus Riyanto, S.Pd Kepala SDIT Bina Insan Kamil Sidareja

Ia menambahkan, selain melibatkan peserta didik, program Market Day juga melibatkan orang tua siswa dan guru secara intensif. 

"Mulai dari rencana, persiapan, sampai pelaksanaannya banyak melibatkan orang tua siswa dan para guru. Harapan kami tentu, selain untuk meningkatkan bonding antara siswa dengan orang tuanya, juga untuk mempereratkan tali silaturahim, baik sesama orang tua maupun antara guru dengan orang tua murid," 

Untuk diketahui, SDIT Bina Insan Kamil Sidareja berlokasi di Desa Sidamulya, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Sejak kehadirannya pada 2004, SDIT Bina Insan Kamil Sidareja telah menjadi salah satu sekolah pilihan bagi orang tua siswa dalam melanjutkan studi anaknya.  

Ketua Yayasan Bina Insankamil Sidareja Ngabduh menambahkan, SDIT Bina Insan Kamil Sidareja didirikan dengan salah satu tujuan agar menjadi SD rujukan dalam membina peserta didik secara integratif baik secara intelektual (IQ), emosional (EQ), dan juga sisi spiritual (SQ).  

"Jadi Visi dari SDIT Bina Insan Kamil Sidareja ini adalah untuk menjadi sekolah rujukan dalam membina generasi pembelajar yang sholeh, berakhlak mulia, mandiri dan cerdas serta terampil dalam menghadapi tantangan global. InsyaAllah, dari sini, kita secara kolaboratif terus berikhtiar untuk membentuk karakter siswa yang paripurna, termasuk dalam menumbuhkan semangat kewirausahaannya, InsyaAllah" 




0 komentar:

Post a Comment